Joy of Life Season 1 /  庆余年 / Qìng Yú Nián (2019)

Hii gengs dunia persilatan! Akhirnya Lady nemu satu c-drama yang seru banget gengs, judulnya Joy of Life! Memang c-drama ini baru season 1 dan tayang sejak tahun 2019 and Lady baru bisa nonton sekarang. Jujur aja, waktu Joy of Life baru tayang, Lady memang sudah dapet review yang bagus tentang c-drama satu ini, tapi belum ada niat untuk menjamahnya dan baru sekarang akhirnya dijamah. Why? seperti alasan kebanyakan para ladies yang mau nonton c-drama Joy of Life ini karena ada XIAO ZHAN!! Yup! Euforia duet pemain utama The Untamed (Xiao Zhan dan Wang Yibo) telah menyihir banyak kaum ladies untuk melihat akting mereka lagi termasuk dalam drama Joy of Life ini. Padahal ya… padahal (bocoran nih) Xiao Zhan baru muncul di episode 38 dari total 46 episode yang ada 😂 yaa jadi mohon sabar aja bagi yang menantikan Xiao Zhan di drama ini. Saran lady sih, nikmati drama ini dari awal, ikutin alur kisahnya tanpa terlewat karena menurut lady drama ini bagus banget, WAJIB! KUDU! HARUS! Nonton bagi yang suka Wuxia! Klo berdasarkan Mydramalist, rating Joy of Life (9.2) ga beda jauh dari The Untamed (9.4). Pun demikian dengan rating dari viki (9.6) ga jauh juga dari The Untamed (9.8) DAEBAAK kan!! Makanya penyuka wuxia harus nonton Joy of Life ini. 

Keunggulan drama Joy of Life ini adalah alur yang sulit ditebak! Banyak banget kejutan demi kejutan yang ga diduga dalam 46 episode, bahkan di menit terakhir final episodenya masih ada kejutan yang ga terduga dihadirkan lagi, What’s going on in here?!! 😱 bakal buat gengs gregetan dan penasaran. Dari awal episode sampai pertengahan aja sudah ada perasaan pengen buru-buru lompat episode biar tahu jawabannya tapi sayang banget, karena tiap episodenya tersembunyi kejutan lainnya yang nantinya bakal terlewatkan klo dilompat episodenya. Jadi ikutin alurnya dengan sabar dan simak baik-baik. Bener-bener bikin penasaran dan gregetan! Selain itu ada juga unsur komedinya, terutama di episode 1 ketika Fan Xian masih kecil, banyak adegan yang bakal bikin kita ketawa hahaha 😃

Oke deh, kita liat sinopsisnya dlu ya gengs, biar tahu seberapa penasaran dan gregetannya drama Joy of Life yang baru Season 1 ini.

Young Fan Xian

Joy of Life adalah kisah tentang seorang pemuda yang memiliki kesempatan kedua untuk hidup di dua dunia yang berbeda. Nah, memang ada unsur time travel dalam drama ini tapi ga terlalu ditonjolkan dan hanya sebagai background dari tokoh utama saja. Fan Xian (Zhang Ruo Yun) yang kehidupan pertamanya di dunia sebelumnya mengalami sakit parah sehingga tidak bisa menikmati hidup akhirnya berkesempatan untuk hidup sekali lagi dalam era dinasti Qing. Sejak kecil Fan Xian diasuh oleh neneknya dan tinggal di Dan Zhou karena dianggap sebagai anak haram sehingga ia terkesan diasingkan dari keluarganya yang ada di ibukota. Di sisi Fan Xian ada seorang pelindung jago kungfu namun buta bernama Wu Zhu (Thomas Tong) yang merupakan kawan baik ibu Fan Xian. Nah, paman Wu Zhu inilah yang menyelamatkan Fan Xian ketika ibunya dibunuh, tapi setelah itu Wu Zhu melupakan banyak kejadian yang berhubungan dengan ibu Fan Xian (ga jelas nih kenapa Wu Zhu bisa lupa ingatan begitu) Sehingga Fan Xian yang sedang penasaran jika bertanya kepada Wu Zhu tentang ibunya selalu dijawab, “lupa”, “lupa”, “lupa” sampai2 Fan Xian yang waktu itu masih bocah tapi sudah cerdas berkomentar, “jangan-jangan ibuku mati karena emosi kepadamu” wkwkwk 🤣 lucu deh pokoknya kelakuan Fan Xian kecil ini, apalgi di awal2 ketemu gurunya Fei Jie (Liu Hua) kocak gengs. Nah, jadi Fan Xian dididik oleh Fei Jie yang merupakan pejabat divisi 3 di lembaga penyidik Qing. Didikan Fei Jie yang ahli racun memang agak keras  kepada Fan Xian, tiap racun dicobakan sendiri kepada Fan Xian tapi latihannya terbayarkan ketika tubuh Fan Xian termasuk kebal terhadap racun dan Fan Xian juga jadi ahli dalam mengenali dan membuat racun. Setelah itu, Fan Xian berpisah dengan Fei Jie setelah Fei Jie memberikan plakat pejabat lembaga penyidik kepada Fan Xian. 

“Uncle” Wu Zhu
Fei Jie

Kemudian Fan Xian tumbuh menjadi dewasa (tapi Wu Zhu ga bertambah tua 🤔). Suatu hari ia didatangai oleh pasukan jubah merah kiriman ayahnya untuk menjemput Fan Xian kembali ke ibukota. Nenek Fan Xian masih menolak membiarkan Fan Xian pergi, sampai ada kejadian pembunuhan yang menargetkan Fan Xian. Fan Xian dengan triknya berhasil mengalahkan pembunuh tersebut yang adalah Teng Zi Jing (Wayne Wang), seorang anggota divisi 4 lembaga penyidik. Singkat cerita, Fan Xian dan Teng Zi Jing berhasil menjadi teman. Kemudian Fan Xian memutuskan pergi ke ibukota untuk mencari tahu siapa orang yang ingin membunuhnya dan Teng Zi Jing ikut bersamanya namun dalam penyamaran karena Fan Xian telah menyebarkan berita bahwa ia sudah membunuh Teng Zi Jing dari divisi 4 lembaga penyidik. 

Teng Zi Jing

Kembali ke rumahnya di ibukota, Fan Xian lumayan ditindas sama ibu tirinya, dan juga Fan Si Zhe (Guo Qi Lin) adik tirinya, tapi Fan Xian dengan cerdik dapat menghindarinya. Soal Fan Si Zhe yang awalnya suka membuat masalah dengan Fan Xian akhirnya bisa dikendalikan oleh kehadiran Fan Ruo Ruo (Song Yi) adik yang disayang oleh Fan Xian sejak kecil. Awalnya Fan Xian curiga kalau yang mengatur pembunuhan di Dan Zhou itu adalah ibu tirinya yang benci kepadanya tapi lewat satu peristiwa akhirnya Fan Xian yakin bahwa pembunuhan itu bukan diatur oleh ibu tirinya. Setelah itu ibu tiri dan adiknya, Fan Si Zhe menjadi akrab dengan Fan Xian layaknya keluarga.

Fan Ruo Ruo
Fan Si Zhe

Lalu muncul keputusan raja untuk ikatan pernikahan antara Fan Xian dan Lin Wan Er (Li Qin). Baik Fan Xian maupun Wan Er berusaha mati-matian menolak penikahan tersebut karena mereka sudah menyukai orang lain lebih dahulu. Padahal orang itu ya dia-dia juga di antara mereka berdua tapi mereka ga saling tahu nama masing-masing sampai mereka berdua main kucing-kucingan 😄 Lalu akhirnya Fan Xian dan Wan Er tahu kalau orang yang dijodohkan kepada mereka adalah orang yang memang mereka sukai sejak awal. Yaud deh, akhirnya banyaklah scene romantis antara Fan Xian dan Wan Er yang sudah saling jatuh cinta. Karena itu, ikatan pernikahan yang dari awal mereka memaksa untuk dibatalkan tiba-tiba tidak jadi. Yang paling giat ingin membatalkan pernikahan mereka adalah putri Li Yun Rui (Li Xiao Ren) yang merupakan ibu Lin Wan Er karena tidak mau hak kepemilikan Nei Ku jatuh ke tangan Fan Xian. Padahal Nei Ku memang awalnya adalah milik ibu Fan Xian yang diambil alih oleh kerajaan.     

Lin Wan Er
Royal Princess Li Yun Rui

Setelah itu, sedikit demi sedikit Fan Xian mulai terseret dalam politik kerajaan. Jadi, dalam kerajaan terdapat 2 kubu, yaitu antara Putra mahkota (Zhang Hao Wei) dan pangeran kedua (Liu Duan Duan). Dalam istana, putra mahkota terlihat mendapat dukungan dari putri Li Yun Rui bahkan mereka merencanakan rencana jahat bersama. Putri Li Yun Rui ini memang dari awal sudah keliatan tanduknya gengs.  Nah, kedua pangeran ini berusaha menarik Fan Xian ke sisi mereka masing-masing tapi Fan Xian dapat berdiri tegak sendirian dan tidak memihak siapa pun. Tapi klo dari sisi pertemanan, pangeran kedua terlihat lebih baik dan lebih akrab kepada Fan Xian dibandingkan putra mahkota. 

Crown prince
Second prince

Masuknya Fan Xian dalam politik kerajaan dimulai ketika ia menolong Teng Zi Jing membersihkan namanya yang ternyata sudah mendapatkan catatan kriminal, tetapi sebenarnya ia dijebak. Tahu bahwa Fan Xian punya plakat pejabat lembaga penyidik yang mempermudahkan Fan Xian keluar masuk lembaga penyidik untuk mendapatkan dokumen kasus Teng Zi Jing. Teng Zi Jing meminta pertolongan kepada Fan Xian, meski awalnya menolak tetapi setelah mendengarkan kisah Teng Zi Jing, Fan Xian setuju menolongnya. Dokumen Teng Zi Jing berhasil didapatkan Fan Xian yang mengarahkan balas dendam Teng Zi Jing kepada Guo Bao Kun (Marc Jia) karena telah membunuh istri dan anaknya. Tetapi sebelum Teng Zi Jing berhasil balas dendam pada Guo Bao Kun, muncul Wang Qi Nian (Tian Yu) yang ternyata sudah memalsukan dokumen kasus Teng Zi Jing demi melindungi Teng Zi Jing sendiri, dan istri serta anak Teng Zi Jing diselamatkan oleh Wang Qi Nian. 

Wang Qi Nian

Singkat cerita, Teng Zi Jing berhasil berkumpul kembali bersama istri dan anaknya dan sejak itu Teng Zi Jing mengabdikan dirinya kepada Fan Xian. Sampai terjadi kasus pembunuhan oleh Cheng Ju Su yang mengakibatkan kematian Teng Zi Jing. Aduuh sedih gengs scene ini 😭 karena Teng Zi Jing seharusnya bisa pergi dari ibukota bersama keluarganya tetapi ia tidak tega tinggalin Fan Xian yang menghadapi bahaya seorang diri klo ia pergi, jadinya Teng Zi Jing tetap stay di ibukota karena ingin menolong Fan Xian tetapi malah akhirnya mati dibunuh, itu juga karena nolongin Fan Xian yang sudah dianggap sebagai adik sendiri. Di sini Fan Xian meluapkan kesedihannya dengan menangis dipelukan Wan Er. Setelah itu, Fan Xian berniat membalas dendam atas kematian Teng Zi Jing, sampai ia melawan lembaga penyidik dengan  membunuh Cheng Ju Su di tengah jalan yang menyebabkan ia ditangkap oleh lembaga penyidik namun dibebaskan dengan titah raja. Sebenarnya, Fan Xian sempat bingung, karena raja sudah 2 kali menolongnya padahal Fan Xian belum  lama di ibukota dan belum pernah berjumpa dengan raja.

Nah dari kasus Cheng Ju Su yang adalah orang dari negara Bei Qi, usut punya usut, karena ga mungkin Cheng Ju Su bergerak sendirian soalnya ga kenal dengan Fan Xian tetapi kenapa mau membunuhnya, akhirnya sampai kepada Si Li Li (Frida Li) yang ternyata adalah mata-mata dari negeri Bei Qi. Akhirnya Fan Xian berencana untuk menangkap Si Li Li yang udah keburu kabur karena udah ketahuan. Dalam pengejarannya Fan Xian kini ditemani oleh Wang Qi Nian dan berkat keahlian Wang Qi Nian dalam tracking, mereka berhasil menemukan keberadaan Si Li Li, tetapi ternyata Si Li Li sudah menyiapkan perangkap untuk Fan Xian. Dalam keadaan krisis karena terkepung oleh orang-orang Si Li Li datanglah bala bantuan yaitu pasukan hitam (Hei Qi) milik kepala lembaga penyidik Chen Ping Ping (Wu Gang), padahal Fan Xian ga kenal Chen Ping Ping. Dengan demikian, Si Li Li berhasil ditangkap dan dikurung dalam lembaga penyidik. Dan anehnya, ternyata Fan Xian mendapatkan hak untuk mengintrogasi Si Li Li padahal ia bukan siapa-siapa dalam lembaga penyidik. 

Chen Ping Ping
Si Li Li

Nah gengs, udah mulai kelihatan penasaran belum? 😁 Gini lhoo… Fan Xian, anak  haram wakil menteri keuangan, Fan Jian, bukan siapa-siapa tetapi ia selalu diburu untuk dibunuh dan setiap kali Fan Xian ada dalam krisis, raja atau  Chen Ping Ping yang notabene adalah orang besar, datang menolongnya. Baik raja maupun Chen Ping Ping terlihat banget sangat tertarik dan peduli dengan Fan Xian, apalagi Chen Ping Ping, dia selalu menyelidiki tentang Fan Xian sehingga ketika Fan Xian melakukan kesalahan contohnya dalam kasus pembunuhan Lin Gong, kakak Wan Er, (sebenarnya bukan Fan Xian tetapi paman Wu Zhu yang bunuh demi Fan Xian) juga kasus Fan Xian yang menerobos masuk istana untuk mendapatkan kunci peti ibunya, Chen Ping Ping yang meski tahu perbuatan Fan Xian tetapi ia menutupinya dan akan membuat alibi lain untuk melindungi Fan Xian mati-matian. What kind of relation on this?? Penasaran donk gengs, siapa sih sebenarnya Fan Xian?! 

King of Qing

Identitas Fan Xian baru terungkap ketika Fan Xian diutus oleh raja sebagai diplomat ke negeri Bei Qi dengan misi menukar Xiao En (Ringo Yu), penjahat terbesar dari negeri Bei Qi yang sudah puluhan tahun di kurung dalam lembaga penyidik dengan Yan Bing Yun (Xiao Zhan 😍) yang tertangkap oleh Bei Qi sebagai mata-mata. Tertangkapnya Yan Bing Yun sebagai mata-mata di negeri Bei Qi adalah karena putri Li Yun Rui yang membocorkan identitas Yan Bing Yun ke Zhuang Mo Han yang adalah orang dari Bei Qi. Jadi, sebelum Fan Xian pergi dengan misi diplomatiknya, ia berhasil mengungkapkan kejahatan putri Li Yun Rui karena melaporkan Yan Bing Yun ke Bei Qi dan akhirnya membuat putri Li Yun Rui diusir dari ibukota.  Setelah itu Fan Xian dan rombongan berangkat ke Bei Qi.

Xiao En

Perjalananan ke Bei Qi tidaklah mudah bagi Fan Xian dan rombongan. Memasuki perbatasan negeri Qi ia sudah diserang oleh Shang Shan Hun yang adalah anak angkat Xiao En dan ingin membebaskannya, ditambah rusuh lagi dari Yan Xiao Yi (Li Zi Feng) yang adalah suruhan putri Li Yun Rui untuk membunuh Fan Xian. Beruntung Fan Xian berhasil berkerja sama dengan Hai Tang Duo Duo (Xin Zhi Lei) sehingga Xiao Yi kalah dan Shang Shan Hun mundur. Kemudian, Fan Xian sampai di negeri Qi. Ia dijemput oleh Shen Zhong (Calvin Yu) yang manis di luar tapi kejam di dalam. Shen Zhong juga berhasil mengambil Xiao En dari tangan Fan Xian, namun ia tidak bersedia menyerahkan Yan Bing Yun. Bahkan ga mau memberitahu di mana keberadaan Yan Bing Yun. Sampai Fan Xian harus putar otak untuk menemukan Yan Bing Yun sendirian. Akhirnya Fan Xian berhasil menemukan keberadaan Yan Bing Yun berkat nona Shen (Dai Wen Wen), adik perempuan Shen Zhong yang punya hati kepada Yan Bing Yun. Yan Bing Yun berhasil diselamatkan.

Hai Tang Duo Duo
Yan Bing Yun

Kemudian Fan Xian menyusun rencana untuk menjatuhkan Shen Zhong. Dalam hal ini, Fan Xian bekerja sama dengan raja muda Qi dan dibantu oleh Hai Tang. Dalam misi menjebak Shang Shan Hun dan menangkap Shen Zhong, Fan Xian akhirnya tahu identitas dirinya dari Xiao En yang diselamatkannya dari kejaran Shen Zhong. Ternyata Fan Xian adalah anak raja Qing, berarti ia adalah pangeran! Namun, Xiao En mengenali Fan Xian sebagai cucunya. Nah, awalnya Lady agak bingung di sini.. tp akhirnya ngerti dari penjelasan Chen Ping Ping. Jadi tujuan Chen Ping Ping mengutus Fan Xian mengawal Xiao En adalah agar Xiao En bersedia kasih tahu rahasia yang menyebabkan ia dikurung puluhan tahun di lembaga penyidik kepada Fan Xian karena mengira ia adalah cucunya, tetapi ketika Xiao En menyebutkan Ye Qing Mei, yang adalah nama ibu Fan Xian, barulah tahu klo Fan Xian adalah anak raja Qing. Namun, Fan Xian ga kasih tahu Xiao En kalo ia salah mengenali Fan Xian sebagai cucunya sampai Xiao En meninggal. Lalu cucu asli Xiao En? Ada kok, hanya bukan Fan Xian. Cumanya dikacaukan oleh Chen Ping Ping sehingga Xiao En pikir Fan Xian adalah cucunya. What a deeply script! Gengs harus berpikir secara mendalam.

Fan Xian yang penasaran dengan perkataan Xiao En mengenai cucunya, mulai mencari tahu kebenarannya. Ia mulai menyelidiki kasus Teng Zi Jing dengan bertanya kepada Guo Bao Kun (Guo Bao Kun ini gengs, diselamatkan Fan Xian dan dibawa ke Bei Qi) dan ketahuan bahwa kasus Teng Zi Jing sejak awal direncanakan oleh Chen Ping Ping.  Pun ketika ia mulai bertanya kepada Yan Bing Yun tentang kemungkinan cucu Xiao En, ia mulai mencurigai kalau Yan Bing Yun lah yang sebenarnya cucu Xiao En (sama donk 😁). Semua itu adalah perbuatan Chen Ping Ping. Ayah Fan Xian yang tahu perbuatan Chen Ping Ping, mendapatkan jawaban bahwa raja lah yang merencanakan semuanya demi mendapatkan rahasia yang dipegang oleh Xiao En. Jadi siapa dalang aslinya??

Menjelang episode akhir, ketika Shen Zhong menyerahkan diri karena menyerang rombongan Fan Xian dalam perjalanan pulang mereka ke negeri Qing, Fan Xian mendapatkan kejutan lainnya yaitu yang bekerja sama dengan putri Li Yun Rui selama ini bukanlah putra mahkota melainkan pangeran kedua! Jadi serangkaian rencana pembunuhan yang diarahkan kepadanya adalah rencana pangeran kedua yang selama ini sudah seperti teman baginya. Wajah Fan Xian shock di sini.

Kejutan belum selesai gengs. Malam ketika rombongan Fan Xian beristirahat, pengawal pangeran kedua, Xie Bi An, datang dengan membawa 2 surat kepada Fan Xian dan Yan Bing Yun. Isinya kepada Fan Xian adalah mengungkapkan bahwa ia dalang semua pembunuhan dan meminta maaf serta ingin mengajak Fan Xian bergabung dengannya dengan sandera anak Teng Zi Jing, Fan Si Zhe dan gurunya Fei Jie (Paraah asli). Dan Fan Xian diberi waktu berpikir satu malam saja. Satu malam itu, Fan Xian dan Yan Bing Yun berdiskusi sambil Fan Xian terus berusaha membujuk Yan Bing Yun agar mau membantunya di ibukota. Dengan demikian, Fan Xian juga menunggu jawaban dari Yan Bing Yun. Keesokkan harinya Fan Xian dan Yan Bing Yun dikepung oleh pasukan pangeran kedua yang meminta jawaban mereka. Fan Xian langsung menolak dengan tegas dan hampir menyudutkan Xie Bi An, sementara Yan Bing Yun yang membelakangi Fan Xian memperlihatkan gelagat aneh lalu tersenyum sinis sambil membalikkan pedang di tangannya dan menusukkan ke arah Fan Xia, dan berkata, “inilah jawabanku!”. Fan Xian jatuh di atas tanah dengan bersimbah darah. The End.

Well, masih banyak pertanyaan yang mengambang dengan ending yang seperti itu. Tentu saja karena itu masih season 1.  Penasaran banget kelanjutannya 🤔 Apakah Yan Bing Yun membunuh Fan Xian itu beneran karena mendapatkan perintah rahasia dari pangeran kedua (karena Yan Bing Yun tidak memperlihatkan surat yang diterimanya dari pangeran kedua kepada Fan Xian) atau Yan Bing Yun mendapatkan perintah secara rahasia dari Chen Ping Ping? Karena Yan Bing Yun berbicara dalam hati soal lembaga penyidik saat menusuk Fan Xian, ataaauu hanya skenario yang dibuat Fan Xian bersama Yan Bing Yun?? Penasaran… penasaran ….. lagipula, saat Fan Xian dikepung, Wang Qi Nian yang biasanya bersama Fan Xian, menghilang. Kemudian, soal identitas Fan Xian, sejauh Lady amati di season 1, Fan Xian hanya tahu klo ia anak raja Qing yang sekarang, tetapi dalam sinopsis lain dinyatakan bahwa Fan Xian adalah anak dari raja terdahulu yang digulingkan pemerintahannya oleh tiga serangkai (Fan Jian, Chen Ping Ping, dan raja Qing sekarang) kemudian ibunya juga dibunuh oleh raja Qing sehingga Fan Xian berniat melawan raja Qing untuk merebut kembali tahtanya. Lalu soal kenapa bisa akhirnya Fan Xian diasuh oleh Fan Jian dan Chen Ping Ping baik kepadanya karena mereka berdua sama-sama menyukai Ye Qing Mei, ibu Fan Xian. Namun, sejauh yang Lady sudah nonton tidak ada informasi itu dalam season 1 ini. Hmmm 🤔 mungkin di season 2 kali ya nanti, pelan-pelan rahasianya terungkap. Atau mungkin itu sinopsis lengkap dari novelnya secara drama Joy of Life adalah adaptasi dari novel yang berjudul sama yaitu 庆余年 / Qing’s Remaining Years. Tapi ada isu yang mengatakan klo Xiao Zhan ga ikutan lagi di season 2 karena ulah fans, hiks 😖 memang belum ada pemberitahuan official soal Xiao Zhan ikut atau nggak di season 2, sementara semua pemain inti dipastikan ikut lagi. Padahal Yan Bing Yun punya peran penting di season 2 nti. Semoga Xiao Zhan bisa ikut lagi biar lady semangat nontonnya hehe 😁

Gege Xiao Zhan 😘

Oke deh, ga terasa udah nulis panjang. Pastikan gengs nonton Joy of Life ini ya. Enjoy watching! Xie Xie ni men. 

Published by LadyApril

Be a lady

Leave a comment