RENASCENCE / 凤唳九天 / Feng Li Jiu Tian

Hii gengs dunia persilatan, welcome back! Kali ini, Lady mau review wuxia yang berjudul Renascence. Wuxia ini cukup singkat dengan jumlah episode sebanyak 36. But konfliknya cukup pelik. Awal-awal episode, Lady kurang menikmati lalu setelah tahu bahwa lead male-nya adalah Chen Zhe Yuan, yang membintangi Handsome Siblings,  Oke! Lady putuskan untuk coba menikmati dan memang ada saat-saat di mana episodenya menegangkan dan menggugah rasa penasaran. Dan yang paling bikin keki yaitu Johnny Zhang, si antagonis di film ini, bener-bener ngeselin. Lady ga nyangka aja Johnny Zhang yang jadi peran antagonisnya, soalnya gege satu ini termasuk salah satu aktor besar lhoo, filmnya udah banyak, dan kebanyakan perannya baik mulu. Waktu awal liatnya, Lady masih ga yakin itu doi, pas cek daftar pemainnya, ternyata bener. Wuiiish daebaak sih! Jadilah Lady nonton sampai habis.

Soal Alur cerita Renascence, jujur aja Lady rada bingung dan terkesan terlalu extravaganza alias berlebihan yang ga perlu. Terkesan sangat perfect but terjun bebas pas mendekati akhir episode apalagi episode akhirnya, Lady garuk-garuk kepala aja.

Oke deh, kita lihat dulu sinopsis Renascence ini, gengs, nanti Lady lanjut review setelahnya.

Renascence / Phoenix Day

Adegan dibuka dengan perang hebat yang dilakukan oleh Ye Jun Qing (Chen Zhe Yuan) yang mendapat julukan the god of war, sekaligus Jun Qing ini adalah adik raja dengan gelar Pangeran Su. Sementara itu di dalam istana, tampak ratu Yao Mo Xin (Eva Cheng) yang sedang menanti kelahiran bayinya. Ia mengandung anak raja Ye Hong Yi (Johnny Zhang). Lalu di luar istana, adik dari Mo Xin bernama Yao Mo Wan (Li Mo Zhi) sedang bergegas ingin mengunjungi kakaknya di istana.

Ye Jun Qing / Prince Su
Ye Hong Yi / The King
Yao Mo Xin / The Queen
Yao Mo Wan

Tak lama kemudian, Mo Xin tiba-tiba merasakan perutnya sakit setelah meminum obat yang diberikan oleh tabit seperti biasanya. Hal ini membuat semua orang kebingungan apalagi setelah melihat darah yang mengalir deras keluar dari perutnya yang menandakan bahwa ia keguguran. Semua orang pergi mencari raja. Sementara semua orang pergi, Mo Xin menyuruh pelayan pribadinya, Ban Xia, untuk segera melakukan sesuatu sesuai instruksinya. Sepeninggal pelayannya, Mo Xin jatuh pingsan. Lalu gengs akan disajikan pada adegan Ye Jun Qing yang tampaknya terpojok di medan perang dan ketika Mo Xin jatuh pingsan, Jun Qing juga terpukul jatuh. Lalu Jun Qing memanggil nama Mo Xin. Nah, sampai sini, gengs pasti udah mengira hubungan antara Ye Jun Qing dan Yao Mo Xin. Ke belakang, kita akan makin jelas hubungan kedunya plus sang raja. Karena film ini banyak banget flashbacknya.

Lalu saat Yao Mo Wan tiba di istana, ia melihat kakaknya, Mo Xin, sudah terbaring tak perdaya. (Awalnya Lady kira ud mati ini Mo Xin) kemudian saat Mo Wan mendekat untuk melihat Mo Xin, tiba-tiba muncul sinar misterius yang keluar dari nadi Mo Xin berpendaran di sekitar mereka berdua yang akhirnya malah membuat jiwa keduanya tertukar. Yup! Setelah sadar, Mo Xin yang tahu bahwa dirinya terperangkap dalam diri Mo Wan segera melarikan diri keluar istana dan meninggalkan Mo Wan dalam tidur panjangnya setelah berjanji akan kembali untuk menyelamatnya adik semata wayangnya. Jelas sini Mo Wan belum mati sih, tapi mungkin karena kena racun juga sedikit sihir jadinya tidur panjang.

Begitu keluar istana, Mo Wan (Mo Xin) langsung diculik dan ditaruh dalam sebuah kereta kuda yang berlari tanpa kusir. Beruntung Mo Wan berhasil selamat, Namun, ia malah diperhadapkan pada sekelompok pembunuh bayaran. Mo Wan dikejar sampai tersudut di tepi jurang. Beruntung lagi, Jun Qing sedang lewat jalan itu dan segera menolongnya begitu mendengar teriakan minta tolong Mo Wan. Mo Wan yang melihat kedatangan Jun Qing langsung meneriakkan namanya, sementara Jun Qing bingung karena ia tidak kenal dengan Mo Wan. Akhirnya, Jun Qing terlibat pertarungan dengan pembunuh bayaran itu hingga membuat dirinya dan Mo Wan terjun dari jurang.

Saat keduanya sadar di dasar jurang, Mo Wan ternyata hilang ingatannya dan seketika itu juga langsung marah-marah pada Jun Qing yang dianggap mau mencelakainya. Tapi kemudian Mo Wan jadi ingin ikut dengan Jun Qing karena hanya ia satu-satunya orang yang dikenalnya sekarang, apalagi setelah pembunuh bayaran itu kembali menyerang mereka. Keduanya berhasil selamat meski Jun Qing terluka parah. Lalu mereka ditolong oleh suami istri petani dan menyembuhkan luka Jun Qing di rumah mereka. Tapi naas, suami istri itu akhirnya dibunuh oleh orang-orang yang mengejar mereka. Keduanya juga nyaris tak selamat, kalau Ben Lei (Wen Li) pengawal Jun Qing yang setia, tak datang tepat waktu. Kemudian mereka kembali ke ibukota.

Karena Mo Wan kehilangan ingatan, maka Jun Qing mau tak mau membawa Mo Wan ke kediamannya. Itu juga setelah Mo Wan memaksanya karena gadis itu terang-terang menunjukkan rasa sukanya pada Jun Qing. Padahal saat itu Jun Qing masih mencintai Mo Xin di hatinya. Dan begitu Jun Qing tahu yang menimpa Mo Xin, ia juga larut dalam kesedihan.

Nah, lalu episode akan diisi dengan banyak flashback hubungan Jun Qing, Mo Xin, dan raja Hong Yi. Jadi, Hong Yi dan Jun Qing ini sejak awal udah suka sama Mo Xin. Saat itu Hong Yi masih pangeran, belum jadi raja. Keduanya berebut perhatian Mo Xin, yang memang cantik dan pintar. Lalu satu kejadian, akhirnya Mo Xin menerima cinta Hong Yi lebih dulu. Padahal ia juga sebenarnya suka sama Jun Qing tapi yaah bisa dibilang, Hong Yi menikung di belokan hingga Mo Xin menerima cinta Hong Yi dan menikah dengannya.

Balik ke dunia sekarang. Singkat cerita, Mo Wan akhirnya menemukan keluarganya ketika secara tidak sengaja Jun Qing membawanya ke kediaman Yao yang adalah rumahnya. Sang pelayan ayng mengenalinya sebagai nona ketiga, segera menghampiri dan menyambutnya. Jun Qing masih bingung lalu akhirnya sadar saat ayah Mo Wan, Yao Zhen Ting (Yang Xin Ming), mengatakan pada Jun Qing kalau Mo Wan adalah anaknya yang hilang, yang berarti ia juga adik Mo Xin. Setelah itu, Jun Qing jadi memahami prilaku Mo Wan yang kerapkali dianggapnya sangat mirip dengan Mo Xin. (Yaa emang karena di dalamnya Mo Xin).

Kepulangan Mo Wan ternyata tidak disukai oleh ibu tirinya, Dou Xiang Lan (Xu Rong Zhen), yang ternyata ia adalah dalang dari penculikan dan pembunuhan Mo Wan. Nyonya Dou ini berambisi membuat anak kandungnya, Yao Su Lan (Natalie Zhang), yang masih berpangkat selir itu untuk menjadi ratu menggantikan Mo Xin. Jadi, ada kemungkinan Mo Xin keracunan juga karena dia.

Yao Su Lan / Selir Li
Dou Shi Ming dan Nyonya Duo

Selanjutnya, nyonya Dou buat banyak rencana untuk menyingkirkan Mo Wan yang baginya ancaman karena tiba-tiba saja Mo Wan jadi berani menentangnya. Memang, sejak jadi bertukar jiwanya, Mo Wan jadi gadis yang sangat cerdik sehingga ia bisa menghindari banyak rencana jahat nyonya Dou. Tapi satu ketika,  Mo Wan ingin membantu Jun Qing mengungkap rahasia korupsi juga penyelundupan bubuk mesiu oleh paman tirinya, Dou Shi Ming (Morni Chang). Hal ini malah menyebabkan ibu kandungnya, Mo Li (Zhang Yan Yan) mati diracun oleh nyonya Dou sebagai peringatan untuk Mo Wan.  

Dalam keadaan sedih. Mo Wan mendatangi istana tempat Mo Xin dulu tinggal dan menemukan sebuah ruang rahasia bawah tanah. Ia masuk ke dalamnya dan menemukan tubuh Mo Xin yang kata raja sudah dikremasi. Nah, di situ juga tiba-tiba ia mengingat kembali masa lalunya dan bahwa dirinya adalah Mo Xin sedangkan orang yang sedang tertidur itu adalah adiknya, Mo Wan.

Oh iya, ada yang kelongkap. Sebelumnya istana kedatangan putri dari negeri selatan dalam acara belasungkawa untuk ratu, yaitu Han Yue (Liu Yuan Yuan) dan Duan Ting Ting (Di Na). Han Yue yang pertama kali curiga kalau Mo Wan itu sebenarnya Mo Xin meski Mo Wan hilang ingatan. Karena Han Yue dan Mo Xin pernah mengikat janji sebagai saudara dengan menggunakan harta karun negeri selatan, di mana keduanya terikat. Harta karun ini punya kekuatan magis dimana keduanya bisa saling merasakan ia hidup atau mati.  Cuma Han Yue yang tahu ini. Jadi waktu ketemu Mo Wan, ia merasakan jiwa Mo Xin ada di dalam Mo Wan dan yakin kalau Mo Xin itu tidak mati. Jadi, bisa dibilang, harta karun itu juga yang menyelamatkan jiwa Mo Xin di episode awal, gengs, hingga jiwanya tertukar dengan jiwa Mo Wan.

Nah, lanjut. Akhirnya Mo Wan sudah ingat semua masa lalunya termasuk dirinya adalah Mo Xin di dalam tubuh Mo Wan. Setelah itu, ia bertekad untuk mengungkap penyebab kematiannya sendiri dan membuat pelakunya membayar balasannya. Ia sudah sakit hati juga karena ibunya yang mati diracun. So, kelahiran kembali Mo Wan, kali ini adalah untuk balas dendam.

Namun, ada kisah sedih yaitu saat Jun Qing akhirnya sudah jatuh cinta pada Mo Wan, dan udah bersemangat membangun hidup baru bersama Mo Wan, gadis itu meninggalkannya dan memutuskan untuk menjadi selir raja. Ya, Jun Qing mencak-mencak lah, ga terima. Apalagi, beberapa saat sebelumnya, ia dan Mo Wan masih saling mencintai dan melewati waktu bersama dengan cinta keduanya. Tapi gimanapun Jun Qing membujuk Mo Wan, Mo Wan kekeuh dengan keputusannya untuk balas dendam. Jalan satu-satunya adalah dengan masuk istana sehingga bisa dapat kekuasaan. Rencana Mowan ini hanya diketahui oleh Jing Yi (Kevin Yan), sahabat dari Jun Qing. Mowan sudah meminta agar Jing Yi tidak memberitahu Jun Qing.

Singkat cerita, jadilah Mowan jadi selir raja Ye Hong Yi. Ia berdiri di antara banyak selir raja lainnya yang disuspect oleh Mo Wan, mereka punya andil dalam kematian Mo Xin, termasuk raja Hong Yi sendiri. Dan usut punya usut memang Mo Xin sudah diracun oleh banyak orang, dan salah satunya raja. Nah, gimana, seru kan?

Konflik makin menjadi saat Hong Yi ternyata bukan anak kandung raja dalam peristiwa pembebasan selir Shu (Wang Ji Ming Zhu) oleh jenderal Luo Bin (Zong Feng Yan). Nah, jenderal Luo Bin inilah ayah kandung Hong Yi sesungguhnya. Dan sebelum kematiannya karena diracun oleh Hong Yi, Luo Bin sempat menyuruh Hong Yi agar mempertahankan tahtanya dengan membunuh Jun Qing, karena Jun Qing adalah satu-satunya keturunan raja yang asli. Sehingga yang terjadi selanjutnya adalah revolt Jun Qing melawan Hong Yi, karena lama-lama Hong Yi sebagai raja jadi sadis dan tidak terkendali karena ambisinya.

Well, untuk konflik di dalam istana yang disajikan Renascence buat Lady sangat menarik sih, karena memperlihatkan ketangguhan dan kecerdikan Mo Wan melawan semua trik orang jahat yang diarahkan padanya. Cuma agak berlebihan seperti yang Lady bilang tadi, Mo Wan digambarkan sbagai wanita yang cerdiknya tak terbatas alias ga pernah kehabisan akal. Orang jahat rencanain apa, dia udah maju duluan selangkah karena informasinya diterimanya memang lebih cepat. Dan rasanya sewaktu Mo Wan beraksi banyak kejadian tak terduganya yang terlalu dibuat-buat kalau dibilang cuma kebetulan.

Lalu saat adegan berpindah ke medan perang, (ini film kerajaan sih, selalu ada perangnya), Mo Wan seperti kurang ide dan tak berdaya. Okelah bagian ini Lady no comment. Lady pikir mungkin karena di medan perang yang bukan merupakan keahlian Mo Wan. Kalo di istana Mo Wan jagonya bergerak diam-diam di belakang.

Nah, tapi kalau dibilang Mo Wan ini sangat cerdik, pas episode terakhir ia terkecoh sama Hong Yi, yang seharusnya udah mati dibunuh prajuritnya sendiri pada saat Jun Qing dan pasukannya mengepung istana Hong Yi. Tapi nyatanya nggak. Hong Yi masih hidup dan menyamar sebagai Jun Qing lalu mengetahui bahwa Mo Wan sebenarnya Mo Xin dan menyandera Mo Wan yang sudah terbangun dari tidur panjangnya. Kok Mo Wan ga sadar sih kalau itu bukan Jun Qing, padahal ada episode ia dengan mudahnya langsung menyadari orang yang menyamar sebagai Jun Qing untuk menjebaknya. Dan lagi kalau dipikir, Hong Yi bisa mengelabui Mo Wan sampai akhir berarti yang paling cerdik di sini adalah Hong Yi sebenarnya, hahahaha …..

Endingnya? Happy ending kok… tenang aja.

Oke deh, sampai di sini review Lady untuk Renascence.  See you next time.

Published by LadyApril

Be a lady

4 thoughts on “RENASCENCE / 凤唳九天 / Feng Li Jiu Tian

  1. Harapan pas nonton film ini tuh,jodoh Jun Qing-Mo Xin udh selesai….dan jdnya jatuh cinta nya sm Mo Wan…kok malah balik lg ke Mo Xin yg dlm rupa Mo wan….😑
    klo dipikir2 itu sbnrnya Mo Wan sendiri scr pribadi,karakter nya bgmn tdk diceritakan sama sekali..cmn dipinjem aja tuh badan nya sm kakak nya hahaha,jiwa nya kejebak tidur di tubuh Mo Xin,bangun2 jatuh ke jurang.kasian amat hahaha

    Like

    1. Oalah jadi gini? Jadi jiwa mereka sampai ending tetap tertukar gitu ya? Kalau gitu kasian jiwa mowan nya dong🤣😭

      Like

  2. Saya bingung sama akhir ceritanya, kira2 itu gimana ya? Kan jiwanya tertukar gitu. Kalau misalkan diakhir jiwa mereka balik. Jun qing sama mowan atau mongxi?

    Like

Leave a comment